Blog

CINCINNIKAH.NET., Yogyakarta — Perhiasan emas menjadi pilihan utama masyarakat untuk menjadikan investasi, namun ada beberapa jenis logam yang dapat digunakan untuk perhiasan. Salah satunya adalah logam Platinum, yang harganya jauh lebih malah daripada emas.

Orang lebih memilih perhiasan yang terbuat dari platinum karena memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan dengan emas. Platinum rata-rata dipasok dari Rusia dan Afrika selatan. Berikut beberapa alasan platinum lebih mahal daripada emas.

Alasan pertama yaitu, Platinum memiliki berat sekitar 60% daripada emas. Hal ini yang membuat pembeli membayar perhiasan yang berbahan platinum lebih mahal dibandingkan emas. Selain itu dilihat dari sisi kadar, logam platinum memiliki kadar 95% dan sisanya adalah campuran dari logam lain. Sedangkan emas paling sedikit memiliki kadar 60% emas murni dan sisanya adalah campuran logam lain. Biaya produksi logam platinum biasanya lebih mahal daripada emas. Hal ini dikarenakan logam platinum sulit dibentuk menjadi perhiasan.

Kelemahan platinum yaitu tidak bersifat lembut, menimbulkan korosi, dan warna dapat berubah setelah bertahun-tahun. Jadi dalam pembuatan perhiasan, maka anda sebagai konsumen harus pintar-pintar memilih, karena semua bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing