Blog

palladium 2

Palladium adalah bahan yang terbaik dalam pembuatan cincin, khususnya untuk pernikahan, karena bernilai tinggi dan aman dipakai. Palladium merupakan logam mulia dalam perhiasan yang telah digunakan sejak tahun 1939. Palladium menjadi alternative platinum untuk membuat emas putih. Palladium (Pd) juga mampu mengubah warna pada emas yang awalnya kuning menjadi putih. Sehingga pada saat suhu biasa, palladium bisaa tahan terhadap adanya korosi di udara.

Palladium menghasilkan warna alami putih yang tidak membutuhkan rhodium. Palladium adalah proporsional jauh lebih ringan daripada platinum. Selain itu palladium dapat ditempa menjadi bentuk perhiasan layaknya emas.  Palladium salah satu dari tiga logam yang paling popular digunakan untuk membuat paduan emas putih. Perpaduan antara palladium – emas jauh lebih mahal daripada perpaduan nikel – emas. Hal ini menjadi sumber daya strategis pada saat perang dunia II, sehingga perhiasan banyak terbuat dari palladium.

Kadar palladium yang biasa digunakan sekitar 30% dan 50%. Sehingga perpaduan palladium murni 50% dan ditambah kadar perak sekitar 50%. Kedua kadar palladium tersebut sering digunakan dalam membuat perhiasan. Biasanya dalam finishing akhir dengan lapis rhodium agar lebih bagus.

Harga kadar palladium 50% rata-rata Rp 280.000,- / gram dan kadar palladium 30% dengan harga Rp 225.000,- / gram. Sehingga harga cincin palladium sepasang bisa mencapai Rp 3.300.000,- selain itu kesulitan model cincin dapat berpengaruh naik atau turunnya harga.